Kamis, 21 Juli 2016

Mengatasi Hardware Virtualization (VT-X) Tidak Menyala / Bermasalah

Terkadang beberapa software memerlukan fitur vt-x atau hardware virtualization, nah terkadang kita bingung bagaimana cara mengaktifkannya, dan kadang walaupun sudah aktif software tersebu masih meminta vt-x untuk dinyalakan...
nah pada blog/ website lain memberi solusi yang sama semua, sayapun juga memberi solusi, tentunya GAK SAMA KAYAK WEBSITE LAIN :)...
Alias ada cara tambahan dalam mengatasi permasalahan VT-X agan :)
Lalu bagaimana soluinya?
#NB= HANYA UNTUK LAPTOP OS 64 BIT DAN SUPPORTED VT-X ONLY!!!!

Cara Pertama
Ketahui dulu apakah VT-x sudah aktif dan support dengan laptop kalian, download Terlebih dahulu Leomoon VT-x checker,
disini dapat kita ketahui Status VTx pada pc kita, yang paling penting adalah pada kotak pertama, yaitu "VT-x Supported" pastikan mendapat label Centang, dan untuk "VT-X enabled" jika belum centang maka lanjukan cara ke-dua

Cara Kedua
Dengan masuk ke bios. Silahkan aktifkan VT-x atau sesuatu yang berhubungan dengan virtualization, tiap laptop/ kompi berbeda beda biosnya, dan untuk masuk ke dalam bios tekan tombol sesuai dengan laptop masing masing, biasanya pada saat loading bagian tampilan merek diberitahukan, kalau gak F1, F2, ya DELETE berarti, jika sudah aktif/ diaktifkan cek kembali dengan leomoon, jika leomoon belum bilang enable maka lanjutkan ke cara KETIGA

Cara Ketiga
di tahap ini cukup buka control panel> programs and features> Turn Windows Features On or Off>hilangkan centang hyper V ( jika ada) dan apply, jika Hyper V tidak ada tetapi di cek di leomoon tetap disable ikuti cara ke EMPAT

Cara KeEmpat
Biasanya yang masuk ke cara keEmpat adalah pengguna antivirus avast/ yang mirip mirip gitu lah :)
pada tahap ini pergi ke setting, troubleshooting uncheck sesuatu yang berhubungan dengan virtualization( ane agak lupa karna ane udah ganti anvir), lalu apply changes :)
Jika masih belum aktif maka lanjut ke cara terakhir, ini adalah cara yang tidak akan anda temukan di website/ blog lain karna memang baru saya temukan sendiri

Cara Terakhir
Biasanya yang masuk ke cara terakhr itu tidak menemukan sesuatu yang berhubungan pada virtualization di avast, jadinya bingung sendiri musti gimana :), beruntunglah anda membaca sampai disini :)
Caranya gimana? gampang!!! cukup uninstall avastnya melalui control panel :)
setelah itu reboot dan aktifkan windows essential security, untuk mengaktifkan wndows essential security bisa pergi ke control panel dan pahami sendiri :)
sekarang CEK APAKAH VT-Xnya SUDAH ENABLE!! JIKA BELUM BELI LAPTOP BARU SAJA!

Sekian termakasih telah datang ke blog ane, semoga bermanfaat :)

10 komentar:

  1. Waaahhhh mantap bos. Work ternyata. Udah ke sana kesini .baru di blog ini nemu caranya. Dan langsung work dengan meng uncek di avas pengaturan VT nya

    BalasHapus
  2. Luar biasa gan artikelnya, sangat membantu sekali. Ketauan ternyata masalahnya ada di antivirus, thanks gan

    BalasHapus
  3. Bg punya saya sudah aktif tapi kok di check di aplikasi ny kok tanda silang pdhal support dan sudah saya aktifkan

    BalasHapus
  4. Mantabbb broo... Gw hampir putus asa, ternyata penyakitnya di antivirus. Sukses slalu broo...

    BalasHapus
  5. �� sependapat dengan cara terahkir.
    Tapi, sayang gak punya uang

    BalasHapus
  6. Mantap banget gan, gue suka cara yg terakhir. Tapi masalah saya Alhamdulillah beres hanya di cara ke empat. padahal baru nyoba avast, eh sudah nyusahin aja haha. Sukses trus gan

    BalasHapus
  7. Akan saya coba dulu step by step,moga aja sukses,nanti klo sukses saya komen balik

    BalasHapus
  8. Mantap,berhasil
    Saya donlod ulang blustak di tempat lain situs berbahasa inggris,trs sblum instal saya disabled virtualisasi di avast trus avast dinonaktifkan smentara
    Tp saya blm mngrti yg mana ini ssungguhnya yg jd pnyebab
    Yg pnting jos sudah,makasi min atas langkah langkahnya

    BalasHapus
  9. makasi gan. gw kira uda kehabisan cara buat ngeceknya wkwkwk

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan sopan ~